Sebagai wilayah yang dikelilingi oleh keagungan  Gunung Rinjani dan gunung-gunung  disekitarnya, Kabupaten Lombok Utara memberikan panorama yang mempesona, bentangan keindahan pantai-pantai, lembah dan hutan basah dengan pepohonan mahuni,  jati dan jenis pohon-pohon lokal lainnya yang tinggi menjulang, memberikan kesempatan untuk melakukan pendakian dan pariwisata yang berwawasan lingkungan.
Lombok Utara adalah wilayah kabupaten baru yang secara resmi terbentuk pada tanggal 21 Juli 2008. Kabupaten Lombok Utara (KLU) terdiri dari 5 kecamatan termasuk pulau-pulau kecil, 33 Desa dan 332 kampung dengan jumlah penduduk sekitar 210.000 jiwa.
Lombok Utara dapat ditempuh melalui dua jalur utama dengan sarana jalan  memadai masing-masing dengan keindahan alam yang berbeda. Jalan pesisir pantai dimulai dari Kota Ampenan langsung ke jalur pantai barat menuju utara dapat kita saksikan pemandangan yang menakjubkan dengan keindahan teluk-teluk dan pantai-pantai yang membentang ke wilayah barat daya, demikian pula kita dapat saksikan  indahnya pemandangan tiga gili dan Pulau Bali di sebelah barat.